Kepala DPU

Kabupaten Semarang

Ir. F. TOTIT OKTORIYANTO, MM.

Alamat

  Jl. KH. Hasyim Ashari No. 3 UNGARAN - 50517
  (024) 6921607
  dpusemarangkab @gmail.com

Search

Peta Digital

 

Link Terkait

 
 
 
 
 

Login Form

Link Internal

 
DAFTAR INFORMASI PUBLIK PPID PEMBANTU TAHUN 2017
                     
NAMA PERANGKAT DAERAH : DINAS PEKERJAAN UMUM (DPU) KABUPATEN SEMARANG            
                     
Nama Informasi Ringkasan Isi Informasi Pejabat/Unit/Satker yang Menguasai Informasi Penanggung Jawab Pembuatan atau Penerbit Informasi Waktu dan Tempat Pembuatan Informasi Bentuk Informasi yang Tersedia Informasi Jangka Waktu Penyimpanan atau Retensi Arsip
Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala wajib Tersedia Setiap Saat Wajib Diumumkan Serta Merta Informasi yang Dikecualikan
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Provil Perangkat Daerah  Provil Dinas Pekerjaan Umum yang secara garis besar memuat : Struktur organisasi, tugas dan fungsi, serta komposisi pegawai/SDM DPU kab. Semarang. Sekretaris Kasubag Umum dan Kepegawaian  2017,Kab.Semarang Publikasi pada website DPU ( www.semarangkab.go.id/skpd/dpu/       5 th 
Laporan Kinerja Instansi pemerintah ( LKJIP ) Perangkat Daerah LKJIP DPU Kab.Semarang Sekretaris Kasubbag Perencanaan 2017,Kab.Semarang Buku ( Terbatas )       5 th 
Laporan Penyelenggarakan Pemerintah Daerah ( LPPD ) Perangkat Daerah Resume Kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan urusan pemerintahan yang diselenggarakan oleh DPU Kab. Semarang Sekretaris Kasubbag Perencanaan 2017,Kab.Semarang Buku ( Terbatas )       5 th 
Dokumen AHSP ( Analisa Harga Satuan Pekerjaan ) Bidang Kontruksi  Informasi harga upah, bahan bangunan dan harga satuan pekerjaan kontruksi Sekretaris Kasubbag Perencanaan 2017,Kab.Semarang Buku ( Terbatas )       5 th 
Laporan layanan informasi Publik  Ringkasan informasi tentang data dan layanan yang diselenggarakan oleh DPU Kab. Semarang Sekretaris Kasubbag Umum Dan Kepegawaian 2017,Kab.Semarang Buku ( Terbatas )       5 th 
Laporan keuangan perangkat daerah  Ringkasan informasi laporan informasi laporan keuangan DPU Kab. Semarang Sekretaris Kasubbag Keuangan  2017,Kab.Semarang Buku ( Terbatas )       √                            Terbatas hanya untuk pemanfaatan tertentu sesuai kebutuhan pemerintah daerah 5 th 
Dokumen pelaksanaan anggaran perangkat daeah DPAPD  Ringkasan informasi program, kegiatan dan anggaran DPU Kab. Semarang ; dan ringkasan informasi program, kegiatan dan anggaran perubahan DPU Kab. Semarang Sekretaris Kasubbag Keuangan  2017,Kab.Semarang Buku ( Terbatas )       √                            Terbatas hanya untuk pemanfaatan tertentu sesuai kebutuhan pemerintah daerah 5 th 
Dokumen perencanaan strategis perangkat daerah ( Renstra PD )  Informasi rencana stategis DPU Kab. Semarang Sekretaris Kasubbag Perencanaan 2011; 2016, Kab. Semarang Buku ( Terbatas ) & Soft Copy ( Format PDF*)       5 th 
Dokumen perencanaan tahunan perangkat daerah ( Renja PD )  Informasi rencana kerja ( Renja ) DPU Kab. Semarang; dan Dokumen Renja DPU Kab. Semarang  Sekretaris Kasubbag Perencanaan 2016, Kab. Semarang Buku ( Terbatas )       5 th 
Laporan hasil penelitian Laborat terhadap bahan bangunan sipil dan kontruksi  Resume hasil penelitian laborat DPU Kab. Semarang Sekretaris Kasubag Umum dan Kepegawaian  2017,Kab.Semarang Dalam bentuk buku       5 th 
Buku pedoman operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi di Kab. Semarang Pedoman bagi pelaksana/ petugas operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi sesuai dengan karakteristik dan kondisi daerah irigasi  Kepala Bidang Sumber Daya Air ( SDA ) Kepala Seksi Peningkatan dan Pemeliharaan SDA 2017, Kab. Semarang Buku ( Terbatas ) & Soft Copy ( Format PDF*)       1 th
Dokumen Ijin Usaha jasa kontruksi  Pengaturan dan penyelenggaraan ijin usaha jasa kontruksi  Kepala Bidang Bangunan  Kasubbid Pembinaan Tata Bangunan  2017, Kab. Semarang Rekomendasi Ijin Usaha Jasa Kontruksi        5 th 
Dokumen / Sertifikat  laik fungsi  Pengawasan kepada ketentuan keteknikan laik fungsi bangunan Kepala Bidang Bangunan  Kasubbid Pembinaan Tata Bangunan  -, Kab. Semarang Sertifikat laik fungsi        5 th 
Dokumen Perda No.6 Tahun 2011 tentang RTRW Kabupaten Semarang Tahun 2011 - 2031 Rencana Struktural Ruang, Pola Ruang dan kawasan strategis di Kabupaten Semarang Kepala Bidang Tata Ruang Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang 2011, Kab Semarang Buku ( Terbatas ) & Soft Copy ( Format PDF*)     Peta dalam format SHP ( Terbatas untuk kepentingan pemerintah daerah ) 20 Th
Informasi Tata Ruang Peruntukan kawasan pada lokasi yang akan dilaksanakan pemanfaatan ruang sesuai peta rencana pola ruang (lampiran Perda No.06 Tahun 2011 ) Kepala Bidang Tata Ruang Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang 2017. Kab. Semarang Informasi tertulis dan lisan       5 th 
Database Jalan dan Jembatan Kabupaten Semarang. Ruas Jalan Kabupaten dan Perkotaan Kabupaten Semarang Kepala Bidang Bina Marga Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan 2016, Kab. Semarang Hard Copy ( Terbatas ), Soft Copy ( pdf )         5 th 
Database LPJU Kab. Semarang Jumlah PJU tiap Kecamatan Kepala Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Penerangan Jalan Kasi Penerangan Jalan a.2013,Kab.Semarang ( Lokasi data untuk kec.ungaran barat,kec.ungaran timur ) Buku ( Terbatas ) & Soft Copy ( Format PDF*) dapat dilihat di www.semarangkab.go.id pada website E-PJU       Update berkala 
b.2014,Kab.Semarang ( Lokasi data untuk kec.Bergas
c. 2015, Kab. Semarang ( Lokasi Data Untuk kec.ambarawa, Kec.Bawen
d. 2016, Kab.Semarang ( Lokasi Data untuk Kec.susuan, tengaran
Database Rusunawa Kab. Semarang  Jumlah Unit Kamar yang di sewakan di Kab.Semarang Kepala Bidang Cipta Karya Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman  2011, Kab. Semarang Hard Copy ( Terbatas ), Soft Copy ( pdf )       5 th 
Dokumen Prasarana Umum Kab. Semarang Informasi Prasarana Umum DPU Kab. Semarang Kepala Bidang Cipta Karya Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman  2016, Kab. Semarang Hard Copy ( Terbatas ), Soft Copy ( pdf )        
Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus selalu diperingati sebagai momentum dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Berbagai kegiatan kerap kali dilaksanakan sebagai bentuk dari partisipasi masyarakat dalam meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Hingga saat ini, perayaan tujuh belasan selalu menjadi hiburan tersendiri bagi semua masyarakat tanpa terkecuali selain acara inti upacara peringatan detik-detik proklamasi.


Pada tahun 2017 ini, Panitia HUT RI Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang akan menggelar berbagai macam acara. Acara pertama dimulai pada hari Jumat (11/8) dengan kegiatan berupa Lomba Futsal, Lomba Tenis Meja antar Tim yang diajukan tiap bidang yang ada di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang. Pada tanggal 17 Agustus 2017 dilaksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, dihadiri oleh OPD tingkat Rayon (BPBD, KESBANGPOL, DPMPPTSP, KBPP).
Kemudian di lanjutkan Jumat (25/8) dengan kegiatan berupa Jalan Santai seluruh karyawan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang dan di buka langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang. Setelah itu dilanjutkan dengan Lomba Selfie, Lomba Bakiak, Lomba Memasukkan Paku dalam Botol Beregu dan Lomba Joget Balon Berpasangan.
I. PENDAHULUAN
 
A.   Latar Belakang
     Perjalanan demokrasi di Indonesia yang terjadi sejak tahun 1998, telah mengubah paradigma penyelenggaraan negara yang semula tertutup menjadi lebih terbuka serta memberikan ruang yang lebih luas bagi partisipasi publik. Salah satu produk regulasi yang mendasariperubahan tersebut adalah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik atau biasa disebut UU KIP. Regulasi tersebut secara tegas memberikan kewajiban kepada badan publik untuk membuka informasi yang berkaitan dengan institusinya, kebijakan yang dihasilkan, serta program-program / kegiatan-kegiatan yang dilakukan, termasuk kondisi keuangan dan penggunaan anggaran.
     Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang sebagai salah satu perangkat daerah mempunyai kewajiban untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhanasebagaimana amanah UU KIP.Untuk mewujudkan laporan tersebut ditunjuklah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasisebagaimana amanah Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.
     Elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan Negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang – undangan. Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan Negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan Negara tersebut makin dapat dipertanggung jawabkan.
Sehubungan hal tersebut, maka Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi perlu menyusun laporan.
B.   Maksud dan Tujuan
     Maksud disusunnya laporan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah untuk menyampaikan kebijakan, program-program/kegiatan-kegiatan, pengelolaan aset, pengelolaan keuangan yang sedang dilaksanakan pada tahun anggaran 2017.
     Tujuan dari penyusunan laporan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang antara lain:
1.      Meraih kepercayaan masyarakat terhadap kinerja penanggung jawab, penyelenggara, dan pelaksana pelayanan public;
2.      Menilai suatu kinerja pelayanan public dengan berdasarkan persepsi masyarakat pengguna pelayanan;
3.      Memperkokoh dasar perencanaan kegiatan,pengembangan dan penganggaran kegiatan pelayanan public;
4.      Meningkatkan efektifitas komunikasi dan interaksi antara penanggung jawab,penyelenggara, dan pelaksana pelayanan public dengan pengguna pelayanan.

C.        Ruang Lingkup
Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang pada tahun anggaran 2017 menangani 5 Urusan, 27 Pogram yang terdiri dari 53 Kegiatan dengan rincian sebagai berikut:
No Urusan/ Program/ Kegiatan Penanggung jawab
A Urusan wajib pelayanan dasar  
1.
 
 
 
 
 
 
 
 
2.
 
 
 
 
 
 
3.
 
4.
 
 
5.
 
6.
Program pelayanan administrasi perkantoran
a. Pengelolaan surat menyurat
b. Penyediaan jasa dan komponen instalasi komunikasi, sumber daya air dan listrik
c. Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja dan perlengkapan kantor
d. Penyediaan logistic kantor
e. Penatausahaan administrasi keuangan SKPD
f.  Penyediaan jasa kebersihan kantor
g. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah
h. Penyediaan jasa tenaga pendukung/ teknis perkantoran
Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur
a.Pembangunan gedung kantor
b.Pemeliharaan rutin/ berkala gedung kantor
c. Pemeliharaan rutin/ berkala kendaraan dinas/ operasional
d.Pemeliharaan rutin/ berkala perlengkapan dan peralatan gedung kantor
e.Rehabilitasi sedang/ berat rumah gedung kantor
f.  Rehabilitasi sedang/ berat kendaraan dinas/ operasional
Program peningkatan disiplin aparatur
a.Pengelolaan administrasi kepegawaian
Program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur
a.Pendidikan dan pelatihan formal
b.Sosialisasi/ bintek peraturan perundang-undangan
Program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan
a.Penyusunan laporan capaian kinerja dan keuangan SKPD
Program perencanaan
a.Penyusunan dokumen perencanaan SKPD
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
Slamet Suyono, SE, MM
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
 
Zakky K, SE, MT
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
Zakky K, SE, MT
Rondian, ST, MT
 
Rondian, ST, MT
 
Rondian, ST, MT
Rondian, ST, MT
 
Slamet Suyono, SE, MM
 
Rondian, ST, MT
B Urusan Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  
1.
 
 
 
 
2.
 
 
3.
 
4.
 
5.
 
6.
 
 
7.
 
8.
 
 
9.
 
 
10.
 
 
 
11.
 
12.
 
13.
 
 
14.
 
15.
 
 
Program pembangunan jalan dan jembatan
a.Pembangunan jalan
b.Pembangunan jembatan
c. Peningkatan jalan kabupaten
d.Peningkatan jalan perkotaan
Program perencanaan tata ruang
a.Revisi rencana tata ruang
b.Pelatihan aparat dalam perencanaan tata ruang
Program pembangunan saluran drainase/ gorong-gorong
a.Pembangunan saluran drainase/ gorong-gorong
Program pembangunan turap/ talud/ bronjong
a.Pembangunan turap/ talud/ bronjong
Program pengendalian pemanfaatan ruang
a.Pengawasan pemanfaatan ruang
Program rehabilitasi/ pemeliharaan jalan dan jembatan
a.Rehabilitasi/ pemeliharaan jalan
b.Rehabilitasi/ pemeliharaan jembatan
Program rehabilitasi/ pemeliharaan talud/ bronjong
a.Rehabilitasi/ pemeliharaan talud/ bronjong
Program inspeksi kondisi jalan dan jembatan
a.Inspeksi kondisi jalan
b.Inspeksi kondisi jembatan
Program peningkatan sarana dan prasarana kebinamargaan
a.Rehabilitasi/ pemeliharaan alat-alat berat
b.Rehabilitasi/ pemeliharaan alat-alat ukur dan bahan laboratorium kebinamargaan
Program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan pengairan lainnya
a.Peningkatan, rehabilitasi/ pemeliharaan jaringan irigasi
b.Rehabilitasi/ pemeliharaan jaringan irigasi yang telah dibangun
Program pengendalian banjir
a.Rehabilitasi/ pemeliharaan bantaran dan tanggul sungai
Program pengembangan wilayah strategis dan cepat tumbuh
a.Pembangunan/ peningkatan infrastruktur
Program pengaturan jasa konstruksi
a.Pengaturan dan penyelenggaraan ijin usaha jasa konstruksi
b.Penyusunan daftar analisa satuan pekerjaan sipil/ umum semesteran
Program pengawasan jasa konstruksi
a.Pengawasan terhadap ketentuan keteknikan
Program rehabilitasi/ pemeliharaan saluran drainase/ gorong-gorong
a.Rehabilitasi/ pemeliharaan saluran drainase/ gorong-gorong
Suhartono, ST, MT
 
 
 
 
Prasetyo, ST, MT, MSc
 
 
Suhartono, ST, MT
 
Suhartono, ST, MT
 
Hari Kuncoro, ST, MT
 
Emmie Setyorini, ST,MT
 
 
Emmie Setyorini, ST, MT
 
Emmie Setyorini, ST,MT
 
 
Rondian, ST, MT
 
 
Danang Eko W, ST, MT
 
 
Agus Suharto, ST, MM
Danang Eko W, ST, MT
 
Margaretha E T.ST, MH. kes
 
 
 
Rondian, ST, MT
Margaretha E T.ST, MH. kes
 
Emmie Setyorini, ST,MT
 
 
C Urusan Perumahan Rakyat  
1.
 
 
 
2.
 
 
3.
Program pengembangan perumahan
a.Penetapan kebijakan, strategi dan program perumahan
b.Fasilitasi dan stimulasi pembangunan perumahan masyarakat kurang mampu
c. Pembangunan sarana dan prasarana rumah sederhana sehat
Program lingkungan sehat perumahan
a.Penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar terutama bagi masyarakat miskin
b.Penyediaan sarana dan prasarana lingkungan  sehat permukiman
Program pemberdayaan komunitas perumahan
a.Fasilitasi pembangunan prasarana dan sarana dasar permukiman berbasis masyarakat
Faizul Muna, ST, MT
 
 
 
 
Riyadi, ST
Faizul Muna, ST, MT
Faizul Muna, ST, MT
 
D Urusan Pertanahan  
1.
 
2.
 
Program penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah
a.Penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah
Program pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH)
a.Penataan RTH
b.Pemeliharaan RTH
Mulyono, ST, MT
 
Mulyono, ST, MT
E Urusan Energi dan Sumber Daya Mineral  
1. Program pembinaan dan pengembangan bidang ketenagalistrikan, energy dan migas
a.Pemeliharaan, pengembangan dan efisiensi sarana dan prasarana LPJU
Gideon Indra C.W, SST
 
D. Dasar Pelaksanaan
a.       Undang-undang Dasar 1945
b.      Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4846);
c.       Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara RI Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038);
d.      Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
e.       Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008
f.       Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 21 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan perangkat Daerah Kabupaten Semarang
g.      Peraturan Bupati Semarang Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Tata Kerja dan Rincian Tugas Perangkat Daerah Kabupaten Semarang

 
II. VISI MISI DAN TATA LAKSANA
 
A.    Visi Misi
Visi
Visi merupakan pernyataan cita-cita atau impian sebuah kondisi yang ingin dicapai di masa depan. Kondisi yang dicita-citakan atau diimpikan tersebut adalah kondisi yang di akhir periode dapat diukur capaiannya melalui berbagai usaha pembangunan. Usaha-usaha pembangunan yang dilaksanakan, umumnya berorientasi untuk memperbaiki tingkat hidup masyarakat. Sehingga perubahan paradigma pembangunan yang muncul adalah lebih banyak menaruh perhatian untuk memerangi kemiskinan, kebodohan, ketidakadilan, rasa ketidakterlindungi, rasa terpinggirkan dan dipinggirkan, rasa terkucil dan dikucilkan, mengatasi ketidakadilan lingkungan, baik terhadap sumberdaya alam, tata ruang, maupun permukiman.
Adapun visi Dinas Pekerjaan Umum yang diselenggarakan guna mendukung visi pembangunan daerah Kabupaten Semarang selama tahun 2016-2021, yaitu:
 
“Terwujudnya Infrastruktur Pekerjaan Umum, Permukiman Sehat  serta Pengendalian Tata Ruang yang berkelanjutan guna Mendukung Peneguhan Kabupaten Semarang yang Maju, Mandiri, Tertib dan Sejahtera.”
Misi
Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan Visi. Dari visi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang Kabupaten Semarang menetapkan misi sebagai berikut:
1.     Meningkatkan penyediaan jaringan jalan yang terstruktur dan terpadu guna menunjang aksesibilitas dan mobilitas antarwilayah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang  berkelanjutan;
2.     Menyelenggarakan pengelolaan SDA secara efektif dan optimal untuk meningkatkan kelestarian fungsi dan keberlanjutan pemanfaatan SDA serta mengutangi risiko daya rusak air;
3.     Mewujudkan sarana prasarana gedung dan bangunan pemerintahan berkarakter lokal, aman dan nyaman dalam menunjang pelayanan publik;
4.     Meningkatkan kualitas lingkungan permukiman yang layak huni dan produktif melalui pembinaan dan fasilitasi pengembangan infrastruktur permukiman yang terpadu dan berkelanjutan;
5.     Mewujudkan mekanisme pengendalian tata ruang dan bangunan yang menjamin pemanfaatan ruang yang optimal dan berkelanjutan;
6.     Meningkatkan sarana prasarana pertamanan dan penerangan jalan guna terwujudnya keindahan kota;
7.     Mendorong sumber daya manusia yang akuntabel dan kompeten, terintegrasi serta inovatif dengan menerapkan prinsip-prinsip good governance.
 
B.  Tata Laksana
1.  Profil Pejabat
1)    Kepala Dinas
NAMA                             :    Ir. F. TOTIT OKTORIYANTO, MM.
NIP                                  :    19621027 199002 1 002
PANGKAT / GOL          :    Pembina Utama Muda  ( IV /c )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Sisingamangaraja Gg. Klabat V/9 RT. 3 /RW. 4Kelurahan Kaliwiru Kec. Candisari Semarang          
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kasi Bangunan Pada DPU Kab. semarang 1995
2 Kasi Cipta Karya Pada DPU Kab. Semarang 1999
3 Kasubdin KP pada DPU Kab. Semarang 2001
4 Kasubdin CK pada DPU Kab.Smg 2002
5 Kabid Bangwil pada BAPPEDA Kab. Semarang 2003
6 Kabid Pengembangan Wilayah Bappeda 2004
7 Kabid Bina Marga DPU Kab Semarang 2005
8 Kepala Dinas Bina Marga SDA, ESDM Kab. Smg 2008
9 Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Semarang. 2012
 
2)    Sekretaris
NAMA                             :    Ir. SUPRATMONO, MT.
NIP                                  :    19661005 199803 1 004
PANGKAT / GOL          :    Pembina Tk. I  ( IV /b )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Bedikari  RT. 05 / RW.07 Kel. Srondol Kulon Kec.  Banyumanik  Semarang    
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kasi Penyiapan Paket Teknologi Hortikultura pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kapuas 2002
2 Kasi Pengembangan Mekanisasi dan Jasa Alsintan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultural Kabupaten Kapuas 2002
3 Kasubid Produksi Pertanian pada Bidang Ekonomi Bappeda Kab. Semarang
 
2006
4 Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPU Kab. Semarang.
 
2007
5 Kabid Pembangunan
Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan ESDM Kab. Semarang.
 
2008
6 Kabid Sumber Daya Air dan ESDM DPU Kab. Semarang.
 
2013
7 Sekretaris DPU Kab. Semarang 2016
 
 3)    Kepala Bidang Bina Marga
NAMA                             :    SUPADI, ST.
NIP                                  :    19651014 198709 1 002
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk. I ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :     Perum Korpri Blok No.14 RT.02 / RW.7 Gedanganak Kec. Ungaran  Timur .      
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Pembangunan    Jalan dan Jembatan 2009
2 Kepala Seksi Pembangunan , Pemeliharaan Jalan dan Jembatan 2014
3 Kepala Bidang Bina Marga DPU Kab. semarang 2016
 
4)      Kepala Bidang Sumber Daya Air
NAMA                             :    Ir. ALFI’AH, MT
NIP                                  :    19630206 199403 2 002
PANGKAT / GOL          :    Pembina  ( IV/a )
ALAMAT   RUMAH      :     Jl. Karonsih Timur Raya III / 218 RT. 08 RW. 05 Ngaliyan Semarang
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Sub Bidang Produksi Pertanian pada Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

 
2007
2 Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan pada Sekretariat Dinas Cipta karya , Perumahan dan Kebersihan Kab. Semarang. 2008
3 Kepala Seksi Pengendalian Tata Ruang pada DPU Kab. Semarang 2012
4 Kabid Perumahan dan Penyehatan Lingkungan pada DPU Kab. Semarang 2013
5 Kepala Bidang Cipta Karya. 2016
6 Kepala Bidang Sumber Daya Air 2017
 
 5)    Kepala Bidang Bangunan
NAMA                             :    WIDADA MUTIARA, ST.MT.
NIP                                  :    19650731 198903 1 008
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk.I  ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Lembayung I/16  RT. 03/ RW.4 Sandang GuwoSemarang   
 
RIWAYAT JABATAN :
No Jabatan Tahun
1 Kasi Pembangunan Jembatan pada Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga ESDM ( Tahun 2008 ) 2008
2 Kasi Bangunan Pada Bidang Bangunan Permukiman dan tata Ruang ( Th.2012 ) 2011
3 Kabid Bangunan Pada Dinas Pekerjaan Umum 2016
 
6)    Kepala Bidang Cipta Karya
NAMA                             :    JUWAIR SUNTARA, S.ST
NIP                                  :    19650930 198709 1 001
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk. I   ( III/d )
JABATAN                      :    Kepala  Bidang Cipta Karya
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Mawar II / 105 RT.06 RW.01 Genuk Ungaran Barat
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Perumahan dan Pemukiman DPU Kabupaten Semarang 2013
2 Kepala Sub Bagian Administrasi Pembangunan – SETDA Kab. Semarang 2016
3 Kepala Bidang Cipta Karya. 2017
 
 7)    Kepala Bidang Tata Ruang 
NAMA                             :    SRI UTAMI S., ST, M.Si.
NIP                                  :    19700622 199703 2 007
PANGKAT / GOL          :    Pembina  ( IV/ a )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Kerta Negara No.19 RT. 02 / RW.04 Kel. Langensari  Kec. Ungaran Barat kab. Semarang
RIWAYAT JABATAN :
No Jabatan Tahun
1 Kasi Peran serta masyarakat Dinas     LHPE  
2 Kasi Pelayanan Perijinan Usaha pada KPPT  
3 Kasi Pelayanan Perijinan Usaha pada KPMPT  
4 Kasubbag Pelayanan Pengadaan pada Bagian Administrasi Pembangunan setda  
5 Kabid Pengembangan Wilayah pada Bappeda. 2014
6 Kabid Tata Ruang DPU Kab Semarang 2016
 
8)    Kepala Subagian Perencanaan 
NAMA                             :     RONDIAN, ST.MT.
NIP                                  :    19770623 199703 1 002
PANGKAT / GOL          :    Penata  ( III/c )
JABATAN                      :    Kepala Subbagian Perencanaan
ALAMAT   RUMAH      :    Kalikayen RT. 01 / RW. 01 Kec. Ungaran Timur Kab. Semarang
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Sub Bagian Perencanaan Pada Dinas pekerjaan Umum Kabupaten Semarang 2013
2 Kepala Sub Bagian Perencanaan Pada Dinas pekerjaan Umum Kabupaten Semarang 2016
 
 9)    Kepala Subagian Umum dan Kepegawaian 
NAMA                             : CHRISOLINA L.E.S, S.Sos. MM
NIP                                  : 19701001 199101 2 002
PANGKAT/GOL            : Pembina (IV/a)
ALAMAT                        : Jl. Serayu Paren No. 3 RT. 06 RW. 05 Sidomulyo Ungaran
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Keterangan
1 Kasi Penyusunan Anggaraan DPKD Kab. Semarang 2006
2 Kasubag Perencanaan DISDIKBUDPORA Kab. Semarang 2009
3 Kasubag Umum dan Kepegawaian DPU Kab. Semarang 2017
 
10)           Kepala Subagian Keuangan 
NAMA                             :    SLAMET SUYONO, SE, MM.
NIP                                  :    19720928 199603 1 002
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk. I  ( III /d )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Raden Wijaya RT. 01/RW.3 Kel.Langensari  Kec.  Ungaran 
RIWAYAT JABATAN :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Penyusunan Anggaran DPPKAD Kab. Semarang 2010
2 Kepala Seksi Penyusunan Anggaran DPPKAD Kabupaten Semarang. 2011
3 Kepala Seksi Perencanaan Anggaran DPPKAD Kab. Semarang 2013
4 Kepala Subagian Keuangan DPU Kabupaten Semarang. 2016
  
11) Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan 
NAMA                             :    SUHARTONO, ST.MT.
NIP                                  :    19680120 198809 1 001
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk. I ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :     Jl. Bali Selatan II / H.20 RT. 4 / RW.7  Gedanganak Kec. Ungaran  Timur .      
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Pemeliharaan jalan dan JembatanDPU Kab Semarang 2008
2 Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPU Kab Semarang 2011
3 Kepala Seksi Pemeliharaan jalan dan JembatanDPU Kab Semarang 2016
 
12)           Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan 
NAMA                             :    EMMIE SETYORINI, ST.
NIP                                  :    19791222 200502 2 003
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk. I ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :    Perum Griya Payung Asri No.44 RT.08 / RW. 13 Kel . Pudak Payung Kec. Banyumanik Semarang 
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Pada Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kab. Semarang 2016
 
 13) Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum
NAMA                             :    GIDEON INDRA CHRISWINARNO, SST.
NIP                                  :    19690306 199803 1 008
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk. I ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Melati 1/30 RT. 03 / RW. 4 Kel .Genuk Kec. Ungaran Barat  Kec. Ungaran Barat.    
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum Pada Bidang Bina Marga  Dinas Pekerjaan Umum Kab. Semarang 2016
 
14) Kepala Seksi  Peningkatan dan Pemeliharaan Sumber Daya Air
NAMA                             :    DANANG EKO WAHYUONO, ST.MT
NIP                                  :    19771005 200501 1 005
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk. I ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Tentara Pelajar 7 B/ Jl Diponegoro 760 Ungaran
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Perencanaan dan Keuangan Dishub Kab. Semarang 2012
2 Kepala seksi Alat Berat dan Laboratorium DPU Kab. Semarang. 2013
3 Kepala Seksi Peningkatan Dan Pemeliharaan Sumber Daya Air DPU Kab. Semarang 2014
  
 15) Kepala Seksi  Operasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Air
NAMA                             :     AGUS SUHARTO, ST.MM.
NIP                                  :    19640808 198903 1 013
PANGKAT / GOL          :    Pembina  ( IV/a )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Bali Raya Blok C.2 Perum Korpri RT. 3/RW.7 Gedanganak Ungaran    
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kasubsi  Survei dan Penelian DPU 1999
2 Kasubag Perencanaan DPU 2001
3 Kasubag Perencanaan Program Keuangan DPU 2005
4 Kasi Taman dan Penerangan Jalan - DPU 2007
5 Kasi ESDM - DPU 2009
6 Kasi Operasi pemanfaatan pada Bidang Bangunan Pengelolaan SDA 2016
 
16) Kepala Seksi Bangunan dan Gedung
NAMA                             :     ZAKKY KURNIAWAN, SE,MT
NIP                                  :    19790123 200012 1 003
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk.I  ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Raden Wijaya RT.01 / RW.3 Langensari Ungaran
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kasubag Umum dan Kepegawaian DISHUBKOMINFO Kabupaten Semarang 2009
2 Kepala seksi Manajemen Lalu Lintas DISHUBKOMINFO Kabupaten Semarang 2010
3 Kepala Seksi Bangunan dan Gedung DPU Kabupaten Semarang. 2016
  
17) Kepala Seksi  Pembinaan Tata Bangunan
NAMA                             :    MARGARETHA ENDANG TITISARI, ST. MH.Kes
NIP                                  :    19670527 199401 2 001
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk.I  ( III/d )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. RA KARTINI No. 230 RT.03 RW.04 Sembungan Ungaran Barat
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Staf BAPPEDA Kab. Semarang 2011
2 Staf DLH Kab. Semarang 2014
3 Kasi Pembinaan Tata Bangunan DPU Kab. Semarang 2017
 
18) Kepala Seksi  Pertamanan dan Pemakaman
NAMA                             :    MULYONO, ST.MT.
NIP                                  :    19650305 198709 1 001
PANGKAT / GOL          :    Penata Tk.I   ( III/ d )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Terbayan Utara No. 25 RT. 01 / RW. 06 Ungaran
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Bidang Kebersihan dan Pertamanan di DPU Kab. Semarang 2014
2 Kepala Seksi Pertamanan dan Pemakaman 2016
 
19) Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman
NAMA                             :    FAIZUL MUNA, ST.MT.
NIP                                  :    19781122 200501 2 014
PANGKAT / GOL          :    Penata   ( III/ c )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Taman Duku No. 2-A RT.01/ RW.05  Lamper Kidul Semarang
RIWAYAT JABATAN :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman Pada Dinas Pekerjaan Umum Kab. Semarang. 2014
2 Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman DPU Kab Semarang 2016
  
20) Kepala Seksi  Air Bersih dan Sanitasi
NAMA                             :    RIYADI, ST
NIP                                  :     19641015 198909 1 001
PANGKAT / GOL          :     Penata  Tk.I  ( III/ d )
ALAMAT   RUMAH      :     Klepu Pringapus
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SD pada Bidang SD Dinas Pendidikan Kab.Semarang 2014
2 Kepala Seksi Air Bersih dan Sanitasi DPU Kab Semarang 2016
 
21) Kepala Seksi  Perencanaan Tata Ruang
NAMA                             :     PRASETYO ADI C, ST, MT, M.Sc.
NIP                                  :    19770730 200501 1 005
PANGKAT / GOL          :    Penata  ( III / c )
ALAMAT   RUMAH      :    Jl. Brigjen Sudiarto No. 56 RT.06 / RW. 2 Ungaran
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Kasubid Tata Ruang , SDA DAN Lingkungan Hidup pada BAPPEDA Kab. Semarang. 2014
2 Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang DPU Kab Semarang 2016
 
22) Kepala Seksi  Pengendalian Pemanfaatan Tata Ruang
NAMA                             :    SUHARNO, SE
NIP                                  :     19640214 198703 1 007
PANGKAT / GOL          :     Penata Tk. I  ( III / d )
ALAMAT   RUMAH      :    -
RIWAYAT JABATAN   :
No Jabatan Tahun
1 Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana -
2 Kasi Pengendalian Pemanfaatan Ruang DPU Kab. Semarang 2017
 

C.        Aset
Aset yang tercatat di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang pada posisi per 31 Desember tahun 2016 adalah sebesar Rp. 1.137.804.041.114,- dengan perincian sebagaimana tabel berikut :
PEMERINTAH  KABUPATEN  SEMARANG  
REKAP ASET   TETAP  DINAS PEKERJAAN  UMUM  
PER 31 DESEMBER  2016  
Kode Golongan, Bidang, Kelompok U r a i a n Saldo Per  31 Desember 2016   
 
 
01 * * * * GOLONGAN TANAH    
01 01 11 * * TANAH UNTUK BANGUNAN GEDUNG    
01 01 11 01 * Tanah Bangunan Perumahan/Gdg. Tempat Tinggal                                            446.836.000  
01 01 11 04 * Tanah Untuk Bangunan Tempat Kerja/Jasa                                          7.333.385.000  
01 01 11 05 * Tanah Kosong                                                        77.293.000  
01 01 11 07 * Tanah Bangunan Pengairan                                                  6.867.653.000  
01 01 13 * * TANAH UNTUK BANGUNAN BUKAN GEDUNG                                                                           -  
01 01 13 01 * Tanah Lapangan Olah Raga                                                      371.544.000  
01 01 13 03 * Tanah Lapangan Penimbun Barang                                                  5.622.859.641  
01 01 13 07 * Tanah Untuk Bangunan Jalan                                              391.951.851.184  
02 * * * * GOLONGAN PERALATAN DAN MESIN    
02 02 * * * ALAT-ALAT BESAR    
02 02 01 * * ALAT-ALAT BESAR DARAT    
02 02 01 01 * Tractor                                                                           -  
02 02 01 02 * Grader                                                  1.494.073.785  
02 02 01 03 * Excavator                                                  1.148.401.361  
02 02 01 06 * Asphal Equipment                                                        72.270.000  
02 02 01 07 * Compacting Equipment                                                  2.470.589.513  
02 02 01 08 * Aggragate $ Concrete Equipment                                                      171.010.835  
02 02 01 09 * Loader                                                  1.316.555.735  
02 02 01 10 * Alat Perangkat                                                        16.940.000  
02 02 01 11 * Mesin Proses                                                          2.156.220  
02 02 02 * * Alat-alat Besar Apung    
02 02 02 02 * Floading Exavator                                                      578.510.000  
02 02 03 * * Alat-alat Bantu                                                                           -  
02 02 03 01 * Alat Penarik                                                                           -  
02 02 03 03 * Compressor                                                        36.427.985  
02 02 03 04 * Electric Generating set                                                      781.711.535  
02 02 03 05 * Pompa                                                        20.902.568  
02 02 03 06 * Mesin Bor                                                          3.653.540  
02 02 03 07 * Unit Pemeliharaan Lapangan                                                      594.000.000  
02 03 * * * ALAT-ALAT ANGKUTAN                                                                           -  
02 03 01 * * Alat Angkutan Darat Bermotor                                                                           -  
02 03 01 01 * Kendaraan Dinas Bermotor Perorangan                                                      789.469.299  
02 03 01 03 * Kendaraan Bermotor Angkutan Barang                                                  4.795.405.883  
02 03 01 04 * Kendaraan Bermotor Khusus                                                  2.840.714.129  
02 03 01 05 * Kendaraan Bermotor Beroda Dua                                                      636.143.909  
02 03 01 06 * Kendaraan Bermotor Beroda Tiga                                                  1.129.787.350  
02 03 02 * * Alat Angkutan Berat tak Bermotor                                                                           -  
02 03 02 02 * Kendaraan Tak Bermotor Berpenumpang                                                  1.843.423.057  
02 04 * * * ALAT BENGKEL DAN ALAT UKUR    
02 04 01 * * Alat Bengkel Bermesin    
02 04 01 01 * Pekakas Kontruksi Logam Terpasang pada Pondasi                                                        20.678.923  
02 04 01 03 * Perkakas Bengkel Listrik                                                          5.712.000  
02 04 01 04 * Perkakas Bengkel Service                                                          3.465.979  
02 04 01 06 * Perkakas Bengkel Kayu                                                          3.384.000  
02 04 01 07 * Perkakas Bengkel Khusus                                                          8.714.000  
02 04 02 01 * Alat Bengkel Tak Bermesin                                                                           -  
02 04 02 04 * Perkakas Pengangkat                                                                           -  
02 04 02 05 * Perkakas Standar (Standar Tool)                                                          6.974.800  
02 04 02 06 * Perkakas Khusus (Special Tool)                                                              338.000  
02 04 02 07 * Perkakas Bengkel Kerja                                                          1.000.000  
02 04 02 11 * Peralatan Ukur, Gip & Feting                                                          5.996.992  
02 04 03 01 * ALAT UKUR    
02 04 03 01 * Alat Ukut Universal                                                      466.934.749  
02 04 03 02 * Alat Ukur/Test Intelegensia                                                              707.200  
02 04 03 08 * Alat Ukur/Pembanding    
02 05 * * * ALAT PERTANIAN    
02 05 01 * * ALAT PENGOLAHAN    
02 05 01 01 * Alat Pengolahan Tanah dan Tanaman                                                          7.698.421  
02 05 02 * * ALAT PEMELIHARAAN TANAMAN/ALAT PENYIMPANAN    
02 05 02 01 * Alat Pemeliharaan Tanaman                                                          1.657.500  
02 06 * * * ALAT KANTOR DAN RUMAH TANGGA    
02 06 01 * * ALAT KANTOR    
02 06 01 01 * Mesin Tik                                                          8.357.191  
02 06 01 02 * MESIN HITUNG/JUMLAH                                                              447.300  
02 06 01 04 * ALAT PENYIMPANAN PERLENGKAPAN KTR                                                        92.625.477  
02 06 01 05 * ALAT KANTOR LAINNYA                                                          8.867.000  
02 06 02 * * ALAT RUMAH TANGGA    
02 06 02 01 * Meubilair                                                      184.980.282  
02 06 02 03 * Alat Pembersih                                                      173.875.285  
02 06 02 04 * Alat Pendingin                                                      143.764.950  
02 06 02 05 * Alat Dapur                                                          8.209.750  
02 06 02 06 * Alat Rumah Tangga Lainnya (Home Use)                                                      108.289.717  
02 06 02 07 * Alat Pemadam Kebakaran                                                        15.396.741  
02 06 03 * * KOMPUTER    
02 06 03 02 * Personal Komputer                                                      667.122.372  
02 06 03 04 * Peralatan Mini Komputer                                                      144.779.440  
02 06 03 05 * Peralatan Personal Komputer                                                        13.529.500  
02 06 03 06 * Peralatan Jaringan                                                          1.510.000  
02 06 04 * * MEJA DAN KURSI KERJA/RAPAT PEJABAT    
02 06 04 01 * Meja Kerja Pejabat                                                        51.634.730  
02 06 04 02 * Meja Rapat Pejabat                                                              989.600  
02 06 04 03 * Kursi Kerja Pejabat                                                        31.712.440  
02 06 04 07 * Lemari dan Arsip Pejabat                                                        16.876.000  
02 07 * * * ALAT STUDIO DAN ALAT KOMUNIKASI    
02 07 01 * * ALAT STUDIO     
02 07 01 01 * Peralatan Studio Visual                                                      164.998.491  
02 07 01 02 * Peralatan Studio Video dan Film                                                    36.537.663  
02 07 01 06 * Peralatan Pemetaan Ukur                                                                           -  
02 07 02 * * ALAT KOMUNIKASI    
02 07 02 01 * Alat Komunikasi Telephone                                                        87.825.000  
02 07 03 * * PERALATAN PEMANCAR    
02 07 03 02 * Peralatan Pemancar HF/SW                                                        15.235.100  
02 09 * * * ALAT LABORATORIUM    
02 09 01 * * UNIT-UNIT LABORATORIUM    
02 09 01 12 * Alat Laboratorium Umum                                                      163.545.863  
02 09 01 15 * Alat Laboratorium Microbiologi                                                              528.000  
02 09 01 31 * Alat Laboratorium Proses Pembuatan Pola                                                                           -  
02 09 01 56 * Alat Laboratorium Geofisika                                                              348.480  
02 09 02 * * ALAT PERAGA/PRAKTEK SEKOLAH    
02 09 02 04 * Bidang Studi : IPA Lanjutan                                                              123.200  
02 09 02 05 * Bidang Studi : IPA Menengah                                                          1.152.000  
02 09 02 11 * Bidang Studi : Olah Raga                                                              168.000  
02 09 06 * * RADIATIONAPPLICATION AND NON DESTRUCTIVE TESTING LABORATORY (BATAM)                                                                           -  
02 09 06 04 * Peralatan Hidrologi                                                          1.753.400  
03 * * * * GOLONGAN GEDUNG DAN BANGUNAN    
03 11 * * * BANGUNAN GEDUNG    
03 11 01 * * BANGUNAN GEDUNG TEMPAT KERJA    
03 11 01 01 * Bangunan Gedung Kantor                                                  6.411.625.037  
03 11 01 02 * Bangunan Gudang                                                  4.646.566.367  
03 11 01 05 * Bangunan Gedung Laboratorium                                                      171.645.760  
03 11 01 08 * Bangunan Gedung Tempat Ibadah                                                      288.029.840  
03 11 01 09 * Bangunan Gedung Tempat Pertemuan                                                                           -  
03 11 01 11 * Bangunan Gedung Tempat Olah Raga                                                  1.367.596.451  
03 11 01 12 * Bangunan Gedung Pertokoan/Koperasi Pasar                                                19.486.155.040  
03 11 01 13 * Bangunan Gedung Untuk Pos jaga                                                                           -  
03 11 01 14 * Bangunan Gedung Garasi/Pool                                                  1.008.205.676  
03 11 02 * * BANGUNAN GEDUNG TEMPAT TINGGAL    
03 11 02 08 * Flat/Rumah Susun                                                  9.139.131.420  
03 12 03 * * CANDI    
03 12 03 01 * Candi Hindu                                                  1.710.252.800  
03 12 03 02 * Candi Bhuda    
03 12 03 03 * Candi Lainnya                                                      166.272.792  
03 12 06 01 * TUGU TITIK KONTROL/PASTI    
03 12 06 01 * Tugu/Tanda Batas                                                  6.449.787.448  
03 12 07 * * RAMBU-RAMBU    
03 12 07 02 * Rambu Tidak Bersuar                                                      376.757.860  
03 12 08 * * RAMBU-RAMBU LALU LINTAS UDARA    
03 12 08 03 * Approach Light                                                      112.693.504  
04 * * * * GOLONGAN JALAN, IRIGASI DAN JARINGAN    
04 13 * * * JALAN DAN JEMBATAN    
04 13 01 * * JALAN     
04 13 01 03 * Jalan Kabupaten/Kota                                              403.205.772.954  
04 13 02   * JEMBATAN    
04 13 02 03 * Jembatan Kabupaten/Kota                                                53.879.232.213  
04 14 * * * BANGUNAN AIR/IRIGASI    
04 14 01 * * Bangunan Air Irigasi    
04 14 01 02 * Bangunan Pengambilan Irigasi                                                62.608.334.967  
04 14 01 03 * Bangunan Pembawa Irigasi                                                30.040.237.376  
04 14 01 05 * Bangunan Pengamanan Irigasi                                                  2.714.038.978  
04 14 01 06 * Bangunan Pelengkap Irigasi                                                        14.182.923  
04 14 04 * * BANGUNAN PENGAMAN SUNGAI DAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM    
04 14 04 01 * Bangunan Waduk Penanggulangan Sungai    
04 14 04 02 * Bangunan Pengambilan Pengamanan Sungai    
04 14 04 03 * Bangunan Pembuang Pengaman    
04 14 04 04 * Bangunan Pembuang Pengaman Sungai                                                24.722.514.971  
04 14 04 05 * Bangunan Pengaman Pengamanan Sungai                                                10.265.076.238  
04 14 04 06 * Banguan Pelengkap Pengamanan Sungai    
04 14 05 * * BANGUNAN PENGEMBANGAN SUMBER AIR DAN AIR TNH    
04 14 05 01 * Bangunan Waduk Pengembangan Sumber Air    
04 14 05 02 * Bangunan Pengambilan Pengembangan Sumber Air                                                      106.768.400  
04 14 05 06 * Bangunan Pelengkap Pengembangan Sumber Air                                                22.082.595.125  
04 14 06   * BANGUNAN AIR BERSIH/BAKU    
04 14 06 01 * Waduk AirBersih/AirBaku                                                  6.695.652.831  
04 14 06 03 * Bangunan Pembawa Air Bersih                                                      798.210.445  
04 15 * * * INSTALASI    
04 15 01 * * INSTALASI AIR MINUM/BERSIH    
04 15 01 05 * Instalasi Air Bersih/Air Baku Lainnya                                                      282.047.556  
04 15 06 * * INSTALANSI GARDU LISTRIK    
04 15 06 02 * Instalansi Gardu Listrik Distribusi                                                  1.088.816.469  
04 15 09 * * INSTALANSI PENGAMAN    
04 15 09 01 * Instalansi Pengaman Penangkal Petir                                                27.328.314.998  
04 16 02 * * JARINGAN LISTRIK    
04 16 02 01 * Jaringan Tranmisi    
04 16 02 02 * Jaringan Distribusi                                                      105.472.640  
04 16 03 * * JARINGAN TELEPON    
04 16 03 01 * Jaringan Telepon Diatas Tanah                                                          1.960.000  
05 * * * * GOLONGAN ASSET TETAP LAINNYA    
05 17 * * * BUKU DAN PERPUSTAKAAN    
05 17 01 * * BUKU DAN PERPUSTAKAAN    
05 17 01 01 * Umum                                                      770.787.000  
05 17 01 04 * Ilmu Sosial                                                      255.964.620  
05 17 01 07 * Ilmu Pengetahuan Praktis                                                          4.900.000  
05 17 01 08 * Arsitektur, Kesenian, Olah Raga    
05 17 03 * * BARANG-BARANG PERPUSTAKAAN    
05 17 03 01 * Peta                                                        45.834.600  
05 17 03 08 * Berkas Komputer (Computer Files)    
05 19 02 01 * TANAMAN    
05 19 02 02 * Tanaman Holtikulture                                                        99.250.000  
06 * * * * GOLONGAN KONSTRUKSI DLM PENGERJAAN    
          Bangunan Dalam Pengerjaan    
          Aset Lain    
          Aset Tak Berwujud                                                      323.787.050  
          Aset Lainnya                                                  2.937.554.697  
          JUMLAH KESELURUHAN                                          1.137.804.041.114  
               

 
IV. LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN
 
A.  Belanja Tidak Langsung
Belanja tidak langsung Dinas Pekerjaan Umum pada tahun anggaran 2017 direncanakan sebesar Rp 15.195.139.675,-  terdiri dari belanja Gaji Rp 11.677.119.675,-  dan Tunjangan Perbaikan Penghasilan Rp 3.489.600.000,-
Realisasi pembayaran Gaji Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang yang dirinci menurut golongan setiap bulannya adalah sebagaimana tabel berikut :
Bulan Gol IV Gol III Gol II Gol I Jumlah
∑ org Rp. ∑ org Rp. ∑ org Rp. ∑ org Rp. ∑ org Rp.
Januari 8 42.963.700 79 308.328.500 116 358.140.800 80 206.873.500 283 916.306.500
Februari 8 41.508.200 72 281.345.500 97 300.894.800 50 129.471.400 227 753.215.900
Maret 7 36.249.400 73 286.092.900 95 294.156.400 50 129.471.400 225 745.970.100
April 7 36.507.000 70 273.774.600 91 283.062.100 29 77.142.500 197 670.486.200
Mei 7 36.653.000 71 278.702.400 91 282.283.700 28 74.892.000 197 672.531.100
Juni 7 36.653.000 71 278.563.100 91 282.160.700 28 75.016.800 197 672.393.600
Juli                    
Agustus                    
September                    
Oktober                    
November                    
Desember                    
Jumlah                    
 
Realisasi pembayaran Tunjangan Perbaikan Penghasilan Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang yang dirinci menurut golongan setiap bulannya adalah sebagaimana tabel berikut :
Bulan Gol IV Gol III Gol II Gol I Jumlah
∑ org Rp. ∑ org Rp. ∑ org Rp. ∑ org Rp. ∑ org Rp.
Januari 6 20.200.000 70 99.600.000 93 83.700.000 29 25.200.000 198 228.400.000
Februari 7 22.300.000 69 97.200.000 93 83.700.000 28 25.875.000 197 229.375.000
Maret 6 20.200.000 69 98.300.000 93 83.700.000 28 25.200.000 196 227.400.000
April 6 20.200.000 67 95.000.000 92 82.350.000 28 25.200.000 193 222.750.000
Mei 6 20.200.000 68 98.000.000 90 80.775.000 27 24.300.000 191 223.275.000
Juni                    
Juli                    
Agustus                    
September                    
Oktober                    
November                    
Desember                    
Jumlah                    
 

 
 
B. Belanja Langsung
1. Rencana Umum Pengadaan
Rencana umum pengadaan Barang / Jasa Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang telah kami umumkan melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan untuk pekerjaan konsultansi, pekerjaan fisik, pengadaan barang/jasa dan pekerjaan swakelola dengan nilai sebesar Rp. 201.066.842.000 dengan perincian sebagaimana tabel berikut :
NO URAIAN PAKET NILAI (Rp)
1. Pekerjaan Konsultan 151 5.933.527.000
2. Pekerjaan Fisik :
< 200jt
>200 s/d 500 jt
>500 s/d 1.000 m
>1.000 s/d 2.500 m
> 2.500 m
 
207
44
16
14
7
 
32.808.867.900
13.075.859.500
13.162.000.000
19.757.200.000
41.225.546.000
3. Pengadaan Barang / Jasa 46 61.862.400.000
4. Pekerjaan Suwakelola 62 13.041.441.600
Jumlah 547 201.066.842.000
 

 
2. Penyerapan Anggaran Belanja Langsung
   Belanja langsung Dinas Pekerjaan Umum pada tahuna anggaran 2017 direncanakan sebesar Rp. 201.066.842.000,- dengan target dan realisasi sebagaimana tabel berikut :

Bulan
Fisik (%) Keuangan (%)
Target Realisasi Target Realisasi
Januari 6,04 6,57 6,04 4,08
Februari 8,04 7,79 7,87 8,41
Maret 14,64 11.41 14,18 14,47
April 20,50 15,24 21,62 19,89
Mei 26,43 17,83 27,26 25,59
Juni 34,84   35,73  
Juli 45,63   43,84  
Agustus 55,36   55,60  
September 73,65   65,70  
Oktober 84,81   77,56  
November 93,26   85,74  
Desember 1000,00   100,00  
 
 
 


Jum'at, 21 April 2017 Hari Kartini di peringati oleh seluruh pegawai DPU Kab Semarang
dengan mengenakan pakaian Kebaya bagi pegawai wanita dan batik bagi pegawai pria.
Untuk mengenang semangat RA. Kartini para wanita yang ditunjuk untuk menjadi petugas
apel di DPU Kab Semarang.

Pada kegiatan apel pagi di hari tersebut dibacakan juga oleh ibu Sundari tentang sejarah
RA. Kartini. Sejarah perjuangan RA. Kartini berawal saat beliau berumur 12 tahun. Saat itu
beliau ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi namun dilarang oleh
orang tuanya. Saat itu beliau tidak punya pilihan lain selain ikut apa kata orang tuanya yang
artinya RA. Kartini harus menjalani pingit. Selama dipingit itulah beliau gemar
membaca dari buku – buku, koran, sampai majalah Eropa. Kartini tertarik pada kemajuan
berpikir perempuan Eropa. Sejak itu,timbullah keinginan beliau untuk memajukan perempuan
pribumi yang pada saat itu berada pada status sosial yang rendah. Ia ingin memajukan wanita
Indonesia melalui pendidikan.

Kartini berjuang bukan dengan fisik tapi intelektual, bagaimana ia memiliki pikiran dan gagasan
yang sangat maju di zamannya, ditulis ke dalam surat-suratnya yang membawa perubahan
besar buat perempuan Indonesia