Kepala DPU

Kabupaten Semarang

Ir. F. TOTIT OKTORIYANTO, MM.

Alamat

  Jl. KH. Hasyim Ashari No. 3 UNGARAN - 50517
  (024) 6921607
  dpusemarangkab @gmail.com

Search

Peta Digital

 

Link Terkait

 
 
 
 
 

Login Form

Link Internal

 

DINAS PEKERJAAN UMUM.

A. KEPALA

1. TUGAS POKOK
Menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang dan bidang perumahan dan kawasan permukiman

2. FUNGSI :

  • perumusan kebijakan dibidang pekerjaan umum dan penataan ruang dan bidang perumahan dan kawasan permukiman.
  • penyelenggaraan urusan pemerintahan dibidang pekerjaan umum dan penataan ruang dan bidang perumahan dan kawasan permukiman.
  • pengaturan,pembinaan,pengawasamn dan pengendalian pelaksanaan tugas dibidang pekerjaan umum dan penataan ruang dan kawasan permukiman.
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

3. RINCIAN TUGAS :

  • merumuskan program kerja dan anggaran Dinas Pekerjaan Umum;
  • membagi tugas bawahan sesuai bidang tugasnya dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan operasional dinas.
  • merumuskan kebijakan dibidang sumber daya air,air minum,air limbah,drainase,jasa konstruksi,penataan ruang,perumahan,kawasan permukiman,prasarana,sarana dan utilitas umum (PSU)
  • melaksanakan penerapan dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai bidangnya;
  • membagi tugas bawahan sesuai bidang tugasnya dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan operasional Dinas;
  • melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyelenggarakan kegiatan pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian sumber daya air,air minum,air limbah,drainase,jasa konstruksi,penataan ruang,perumahan,kawasan permukiman,prasarana,sarana dan utilitas umum (PSU).
  • menyelenggarakan kesekretariatan Dinas;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan Dinas;
  • menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

B. SEKRETARIAT.

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Pekerjaan Umum dibidang penyusunan perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan, administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

2. FUNGSI :

  • pengelolaan administrasi umum, kepegawaian dan rumah tangga Dinas;
  • pengelolaan administrasi keuangan Dinas; dan
  • pelaksanaan perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Dinas.

3. RINCIAN TUGAS :

  • menyusun program kerja dan anggaran Sekretariat berdasarkan rangkuman rencana kerja Subbagian-Subbagian;
  • membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • mengoordinasikan penyusunan program kerja Dinas;
  • mengoordinasikan penyusunan rencana kerja dan anggaran dengan seluruh Bidang di lingkungan Dinas;
  • menyelenggarakan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perpustakaan, perlengkapan rumah tangga Dinas sesuai ketentuan yang berlaku;
  • mengoordinasikan penyusunan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kesekretariatan;
  • menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Sekretariat;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

C. SUBBAGIAN PERENCANAAN 

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang penyusunan perencanaan Dinas.

2. RINCIAN TUGAS :

  • menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Perencanaan;
  • membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • menghimpun dan mengoreksi bahan usulan program kegiatan dari masing-masing Bidang, Subbidang dan Subbagian sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) Dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • mengumpulkan dan menyajikan data statistik pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral;
  • melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan Dinas;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Perencanaan;
  • menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Subbagian Perencanaan;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

D. SUBBAGIAN KEUANGAN

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang pengelolaam administrasi keuangan Dinas.

2. RINCIAN TUGAS :

  •  menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Keuangan;
  • membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi keuangan;
  • melaksanakan pengendalian dan verifikasi serta pelaporan dibidang keuangan lingkungan Dinas;
  • melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Keuangan;
  • menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Subbagian Keuangan;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

E. SUBBAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN.

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

2. RINCIAN TUGAS :

  • menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  • membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • menyiapkan bahan dalam rangka pelayanan urusan administrasi umum, rumah tangga, perpustakaan, kearsipan dan pengelolaan administrasi kepegawaian Dinas;
  • merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang untuk keperluan rumah tangga Dinas sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • melaksanakan inventarisasi barang kekayaan Dinas untuk tertib administrasi serta melaksanakan pemeliharaan barang inventaris agar dapat digunakan dengan optimal;
  • membuat laporan rutin tentang peremajaan pegawai, Daftar Urut Kepangkatan (DUK), nominatif pegawai, dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptanya tertib administrasi kepegawaian;
  • memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, diklat pegawai, dan urusan kepegawaian lainnya;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  • menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
BIDANG BINA MARGA
TUGAS :
  • Melaksanakan sebagian tugas Dinas Pekerjaan  Umum dibidang Bina Marga meliputi pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan serta pengelolaan lampu penerangan jalan umum.
FUNGSI :
  1. Perumusan kebijakan teknis bidang Bina Marga ;
  2. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan Bidang Bina Marga;dan
  3. Pelaksanaan monitoring,evaluasi,dan pelaporan pelaksanaan kegiatan Bidang Bina Marga.
PERINCIAN TUGAS:
  • menyusun program kerja dan anggaran Bidang Bina Marga;
  • menyusun perencanaan teknis dibidang Bina Marga;
  • menyusun kebijakan teknis dibidang bina marga;
  • membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan Bidang Bina Marga;
  • menyelenggarakan kegiatan pembinaan,pengaturan,pengawasan,pengendalian,evaluasi dan kerjasama dibidang bina marga;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Bidang Bina Marga;
  • menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Bidang Bina Marga;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas;dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.