Kepala DPU

Kabupaten Semarang

Ir. F. TOTIT OKTORIYANTO, MM.

Alamat

  Jl. KH. Hasyim Ashari No. 3 UNGARAN - 50517
  (024) 6921607
  dpusemarangkab @gmail.com

Search

Peta Digital

 

Link Terkait

 
 
 
 
 

Login Form

Link Internal

 

DINAS PEKERJAAN UMUM.

A. KEPALA

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan urusan pemerintahan Daerah dibidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral.

2. FUNGSI :

  • perumusan kebijakan teknis dibidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral;
  • penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral;
  • pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

3. RINCIAN TUGAS :

  • merumuskan program kerja dan anggaran Dinas Pekerjaan Umum;
  • merumuskan kebijakan dibidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral;
  • menetapkan kebijakan dibidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral;
  • melaksanakan penerapan dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai bidangnya;
  • membagi tugas bawahan sesuai bidang tugasnya dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan operasional Dinas;
  • melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • menyelenggarakan kegiatan pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian dibidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral;
  • menyelenggarakan kesekretariatan Dinas;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan Dinas;
  • menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

B. SEKRETARIAT.

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Pekerjaan Umum dibidang penyusunan perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan, administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

2. FUNGSI :

  • pengelolaan administrasi umum, kepegawaian dan rumah tangga Dinas;
  • pengelolaan administrasi keuangan Dinas; dan
  • pelaksanaan perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Dinas.

3. RINCIAN TUGAS :

  • menyusun program kerja dan anggaran Sekretariat berdasarkan rangkuman rencana kerja Subbagian-Subbagian;
  • membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • mengoordinasikan penyusunan program kerja Dinas;
  • mengoordinasikan penyusunan rencana kerja dan anggaran dengan seluruh Bidang di lingkungan Dinas;
  • menyelenggarakan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perpustakaan, perlengkapan rumah tangga Dinas sesuai ketentuan yang berlaku;
  • mengoordinasikan penyusunan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kesekretariatan;
  • menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Sekretariat;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

C. SUBBAGIAN PERENCANAAN 

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang penyusunan perencanaan Dinas.

2. RINCIAN TUGAS :

  • menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Perencanaan;
  • membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • menghimpun dan mengoreksi bahan usulan program kegiatan dari masing-masing Bidang, Subbidang dan Subbagian sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) Dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • mengumpulkan dan menyajikan data statistik pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, dan energi sumber daya mineral;
  • melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan Dinas;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Perencanaan;
  • menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Subbagian Perencanaan;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

D. SUBBAGIAN KEUANGAN

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang pengelolaam administrasi keuangan Dinas.

2. RINCIAN TUGAS :

  •  menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Keuangan;
  • membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi keuangan;
  • melaksanakan pengendalian dan verifikasi serta pelaporan dibidang keuangan lingkungan Dinas;
  • melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Keuangan;
  • menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Subbagian Keuangan;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

E. SUBBAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN.

1. TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

2. RINCIAN TUGAS :

  • menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  • membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;
  • menyiapkan bahan dalam rangka pelayanan urusan administrasi umum, rumah tangga, perpustakaan, kearsipan dan pengelolaan administrasi kepegawaian Dinas;
  • merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang untuk keperluan rumah tangga Dinas sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • melaksanakan inventarisasi barang kekayaan Dinas untuk tertib administrasi serta melaksanakan pemeliharaan barang inventaris agar dapat digunakan dengan optimal;
  • membuat laporan rutin tentang peremajaan pegawai, Daftar Urut Kepangkatan (DUK), nominatif pegawai, dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptanya tertib administrasi kepegawaian;
  • memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, diklat pegawai, dan urusan kepegawaian lainnya;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  • menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  • menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.