LKPJ Bidang PU

Urusan Pekerjaan Umum

Pada dasarnya urusan Pekerjaan Umum dengan tolok ukur dukungan infrastruktur berupa sarana dan prasaran fasilitas jalan/jembatan serta jaringan irigasi turut berperan dalam keberhasilan pembangunan bidang ekonomi di suatu daerah. Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, prasarana dan sarana dasar permukiman merupakan modal penting masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sosial ekonominya. Sedangkan pengembangan prasarana irigasi ditujukan untuk mendukung ketahanan pangan dan penyediaan air untuk kepentingan persawahan. 

Urusan Penataan Ruang

Penataan ruang adalah suatu system proses perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang. Tujuan penataan ruang wilayah Kabupaten Semarang adalah untuk mewujudkan Kabupaten Semarang sebagai penyangga Ibukota Provinsi Jawa Tengah dan kawasan pertumbuhan berbasis industry, pertanian dan pariwisata yang aman, nyaman, produktif, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Penataan ruang Kabupaten Semarang disusun sesuai potensi dan permasalahan baik internal maupun eksternal serta memperhatikan perencanaan tata ruang pada tingkat yang lebih tinggi seperti RTRWN dan RTRW Provinsi Jawa Tengah. Salah satu permasalahan dalam penataan ruang adalah adanya alih fungsi lahan terutama lahan pertanian yang terjadi pada setiap tahun. Perubahan fungsi lahan pertanian tersebut antara lain berubah fungsi menjadi lahan terbangun terutama untuk perumahan, perdagangan dan industri.

Urusan Perumahan

Menurut Pasal 28 H amandemen UUD 1945 dan UU No. 4 tahun 1992 bahwa rumah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pembangunan perumahan tidak hanya bersifat pembangunan perumahan permukiman, misal pembangunan sarana air bersih, perbaikan fasilitas umum seperti pasar dan juga perbaikan lingkungan sehingga dapat tercipta perumahan permukiman yang sehat.